Manjur! Ini 7 Tips Hidup Hemat yang Ternyata Tidak Sulit Diikuti

Lagi-lagi merasa boros? Duh aduh mendingan baca 7 tips hemat di bawah ini, deh. Ussui sudah siapkan bebarapa saran yang terbukti di lapangan lho.

Tips Hidup Hemat yang Ternyata Tidak Sulit Diikuti

Hidup hemat membawa banyak manfaat. Hemat, seperti yang kita ketahui berarti tindakan yang menekankan atau minimalisir penggunan uang.

Sikap seperti ini akan membuat kita:

  • Lebih bisa menahan diri, menekan hawa nafsu dan meningkatkan kesabaran
  • Tidak materialistis
  • Tidak boros sehingga bisa menabung atau membeli keperluan yang lebih penting

Meskipun merupakan sikap yang baik, namun untuk memiliki karakter hemat tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Jadi, daripada bertele-tele, yuk langsung saja pelajari dan praktikkan 6 saran di bawah ini.

7 Tips Hidup Hemat ala Ussui

1. Selalu Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Selalu catat pengeluaran dan pemasukan. Idealnya, hal ini dilakukan setiap awal bulan. Ketika mendapatkan pemasukan, alokasikanlah dengan baik sesuai porsinya masing-masing.

Lalu nanti ketika akhir bulan, silahkan review nominal pengeluaran dan pemasukan yang telah disepakati itu. Bila hasilnya masih jauh dari ideal, belajarlah lagi lebih hemat bulan depan.

2. Jangan Impulsive Shopping

Impulsive shopping terjadi ketika seseorang maruk berbelanja karena satu atau dua hal yang mengganggunya. Misal, seseorang baru putus dari pacarnya. Karena stress, ia pun nekat main-main ke mall dan membeli baju-baju super mahal.

Tindakan seperti ini jelas jauh dari definisi hidup hemat. Oleh sebab itu, belajarlah mengatur mood dan emosi supaya tidak impulsif.

3. Kendaraan Pribadi vs Transportasi Umum

Biaya transport bisa benar-benar menghabiskan pendapatan kita. Oleh sebab itu, pilihlah moda transportasi yang lebih hemat. Pertimbangan akan hal ini sangat dipengaruhi dengan kota tempat kita tinggal.

Di Yogya misalnya, jumlah transportasi umum sangat jarang. Bila kita naik bus kota setiap harinya, maka setidaknya diperlukan Rp. 10.000,- pulang pergi. 

Padahal dengan jarak yang sama, kita bisa naik motor dengan bensin yang lebih awet. Dengan demikian, di Yogya, naik kendaraan pribadi terutama motor jauh lebih hemat dibanding naik bus.

Hal ini tentu berbeda dengan kota-kota lainnya. Di Jakarta, misalnya, sistem transportasinya sudah sangat baik sehingga naik transportasi public di Jakarta justru tergolong murah.

4. Kurangi Pengeluaran untuk Leisure

Kalau kamu benar-benar ingin hemat, maka kelolalah pengeluaran dengan cara yang lebih bijaksana.

Misalnya, selama ini kamu merokok sangat banyak. Bahkan kamu bisa habis 1 bungkus rokok dalam 2 hari saja! 

Kebiasaan tersebut jela sburuk. Apalagi harga rokok sama sekali tidak murah. Bila dihitung-hitung dengan rokok yang habis dalam 2 hari, setidaknya diperlukan Rp. 300.000,- per bulan untuk kebiaaan ini.

Mahal, bukan? Padahal uang sebesar 300 ribu bisa disimpan menjadi tabungan atau digunakan untuk hal yang lebih berfaedah.

5. DIY

DIY bermakna Do It Yourself. Ya, jangan apa-apa minta bantuan orang lain kecuali kita benar-benar tak dapat melakukannya.

Misalnya, saat genteng di rumah rusak, perbaikilah bagian atap tersebut sendiri. Begitu pula bila jendela rumah macet hingga AC tidak berfungsi dengan baik. Usahakan untuk mengerjakan semuanya sendiri supaya pemasukan tidak membengkak.

6. Hemat Listrik hingga Air

Selanjutnya, kita juga bisa berhemat dengan cara tidak “membuang-buang” listrik hingga air. Caranya:

  • Matikan lampu saat tidur atau tidak digunakan
  • Gunakan genteng kaca dan sistem pencahayaan yang baik agar tak tergantung 100% pada lampu
  • Kontrol pemakaian air
  • Hemat gas dengan memasak lebih efisien
  • Gunakan alat elektronik yang lebih hemat listrik

7. Terapkan Gaya Hidup Minimalisme

Terakhir namun tak kalah penting, terapkan juga gaya hidup minimalisme. Prinsip dari lifestyle ini adalah the less is more.

Tak usah berhedon ria. Tak usah hobi membeli barang yang tidak perlu. Minimalisme justru memandang bahwa semakin ringkas dan sedikit barang kita, semakin sehat pula kita.

Unik, ya? Gaya hidup ini juga sedang ngetrend lho di Eropa dan Amerika. Buat kamu yang pengen tau seperti apa gaya hidup ini, baca-baca aja di artikel Hidup Minimalis.

Demikian 7 tips hidup hemat ala Ussui! Simak berbagai artikel menarik lainnya ya di Ussui.

Belum ada Komentar untuk "Manjur! Ini 7 Tips Hidup Hemat yang Ternyata Tidak Sulit Diikuti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel