Pengalaman Melakukan Mewing: Cara dan Teknik Dasarnya

Helo, helo, helo! Di kesempatan ini, Ussui akan menulis artikel yang banyak mengundang penasaran. Yak, seperti yang kalian bisa baca, kali ini Ussui ingin cerita soal pengalaman mewing.

pengertian mewing adalah
Image: Vice.com.

Istilah apa itu ya? Hehe. Sekilas saja, tulisan mew mirip dengan suara meong di kucing. Tapi mewing sama sekali tidak ada kaitannya dengan suara kucing.

Jadi, mewing adalah istilah yang asalnya dari kata "Mew". Mew sendiri adalah nama seorang dokter, yaitu dr. Mike Mew dan ayahandanya dr. John Mew. 

Kedua dokter Mew ini adalah seorang spesialis orthotropic. Beda dengan spesialis lain yang biasanya menjanjikan perubahan muka dengan fokus pada gigi, spesialis orthotropic itu fokusnya pada keseluruhan wajah. 

Tapi caranya tidak dengan operasi melainkan dengan corrective treatment (perbaikan) pada beberapa hal. Satu di antaranya adalah corrective treatment pada posisi lidah.

Nah, teknik mewing sendiri adalah perbaikan pada posisi lidah atau istilah Inggrisnya correct tongue position. Menurut pakarnya, sebetulnya posisi lidah yang benar itu menekan merata di dinding mulut bagian atas, bukannya "telentang" seenaknya di dasar mulut.

Mewing Gunanya Apa sih?

Ada dua manfaat melakukan treatment ini menurut dr. Mew. Kedua manfaat ini didasarkan pada konsep teoritis dan pengalaman mewing yang telah diterapkan para pasiennya.

Yang pertama manfaat estetik. Jadi, dengan melakukan treatment ini, kamu bakal punya struktur wajah yang lebih baik karena terjadi perbaikan di rahang. 

Garis rahang atas dan bawah akan lebih jelas, jadi kamu akan terlihat lebih menarik. Dagu kamu juga bakal lebih maju, jadi lebih cakep.

Buat yang punya masalah receding chin dan jawline jelek, metode ini juga bisa membantu, lho.

Yang kedua adalah masalah kesehatan. Dengan struktur wajah yang lebih baik, kesehatanmu juga akan lebih baik. Aliran nafas lebih lancar, ngorok lebih jarang, dan bernafas lewat mulut pun bisa diatasi. Selain itu, pengelihatanmu juga akan membaik.

Bagaimana Cara Mewing?

Dari pengalaman mewing Ussui, begini langkah-langkah melakukan corrective treatment tersebut. 

  1. Pertama, tutup mulut sampai benar-benar tertutup. 
  2. Kedua, posisikan gigi bagian atas dan gigi bagian bawah menutup satu sama lain. Nggak perlu sampai 100% pas ya. 
  3. Setelah itu, posisikan ujung lidah di dinding mulut atas belakang gigi (jangan menekan gigi depan). Tips: sebut huruf N kalau bingung melakukannya. 
  4. Sembari itu pastikan juga posisi pangkal lidah diletakkan sebelakang mungkin. Kenapa harus dibelakangkan? Supaya ujung lidah tidak mendorong maju gigi depan yang bisa bikin tonggos!
  5. Kemudian, ratakan lidah ke seluruh dinding mulut bagian atas. Langkah ini memang agak sulit. 
  6. Tahan posisi ini selama mungkin. Idealnya mewing dilakukan 8 jam per hari dan bahkan bila bisa seterusnya.

gambar cara mewing how to mewing
Ilustriasi cara mewing ala saya.


cara mewing
Jangan cuma menekan ujung lidah di bagian depan mulut saja! Yang ada gigi Anda bisa maju (tongos)

Eits, ini baru posisi dasar. Teknik lain yang harus dipelajari adalah teknik menelan dan mengunyah. Tapi itu nanti deh saya update.

Logika alias Rasionalnya Bagaimana sih?

Metode ini lahir dengan dukungan bukti dan alasan-alasan logis. Menurut dr. Mew, penelitian menunjukkan bahwa manusia modern saat ini punya masalah gigi tongos, gigi nggak rapi, dan garis rahang yang jelek dibanding manusia zaman dulu. 

Coba ingat, dulu kalau liat gambar fosil manusia purba, pasti rahangnya gede-gede kan? Sekarang liat kamu atau temenmu yang giginya maju. Biasanya rahang dia kecil, sempit, dan mundur. Inilah yang namanya receding chin.


Biasanya orang-orang bilang receding chin adalah masalah genetik. Tapi menurut beberapa dokter, termasuk dr. Mew, masalahnya bukan sekadar genetik. 

Salah satu penyebab makin banyaknya masalah gigi maju adalah gaya hidup yang berubah. Misalnya saja soal makanan. 

Zaman dulu, orang makan makanan yang keras. Jadi rahang mereka pun terbentuk dengan kuat dan lebih lebar.

Gigi mereka pun jadi lebih rata. Sedangkan zaman sekarang, orang makan makanan yang lebih lembek, akibatnya orang-orang di zaman sekarang, rahangnya "lemah" yang kemudian menyebabkan giginya  makin lemah dan maju.

Pada orang yang giginya maju, situasinya bertambah parah. Coba perhatikan, mereka yang giginya maju biasanya akan kesulitan menutup mulut. 

Akibatnya, rahang mereka dibiarkan terbuka. Lama-lama, rahangnya pun tak terbangun dengan baik, dan giginya justru makin maju kalau tidak segera diperbaiki.

Kapan Efek Pengalaman Mewing Bisa Dirasakan?

Tergantung. Makin muda kamu mulai melakukan ini dan makin "tertib" kamu melakukannya, maka efeknya juga akan lebih terasa. 

Selain itu, genetik juga punya peran. Jadi, misalnya masalah kamu lebih banyak dan kompleks, tentunya efeknya juga bakalan lebih lama terasanya.

Gambar hasil mewing dari reddit

Orang Dewasa Bisa Mewing Tidak?

Bisa dong. Efeknya juga bisa dirasakan kok, meski lebih lambat. Sebabnya, tulang-tulang di tengkorak kita terpisah dan tidak tergabung jadi satu. Jadi, tulang-tulang ini pun bisa didorong oleh teknik mew supaya hasilnya lebih baik.

Kapan Pengalaman Mewing ini Ngetrend?

Belum lama. Mungkin baru beberapa tahun ini "teknik" ini dikenal di mana-mana. Tapi kalau asal tekniknya sih sudah lumayan lama. Dokter John Mew dan dr. Mike Mew sudah menerapkan teknik ini sejak dulu dan bisa memberikan bukti hasil-hasilnya.

Apa Bisa Mengatasi Masalah Gigi Maju alias Tonggos?

Sedikit banyak bisa memberikan efek. Tapi tergantung juga penyebab overbite. Rasionalnya dengan mewing, rahang jadi lebih lebar dan kuat. Nah, tonggos atau overbite itu sendiri seringkali diakibatkan gara-gara rahang yang sempit. 

Jadi bila penyebabnya itu, bisa saja tongos diselesaikan dengan teknik ini. Tapi sekiranya giginya pada dasarnya emang banyak (padahal rahangnya udah lebar), tentu perlu dilakukan pencabutan dan pemasangan behel. 

Mau Coba? Saya juga Mau!

Ussui memiliki dagu yang kurang ideal. Dulu, Ussui pernah pasang behel dan sudah selesai setelah 1,5-2 tahunan. 

Empat gigi  dicabut selama proses tersebut. Hanya masalahnya, ternyata setelah proses ini selesai Ussui belum benar-benar puas. 

Yah, gigi kelinci memang mundur, tapi dagu gini-gini aja. Ussui tanya ke dokter, katanya kalau dagu memerlukan tindakan operasi.

Nah, makanya Ussui penasaran dengan metode mewing ini. Mulai 1 Mei 2023, Ussui sudah coba menerapkan tekniknya dr. Mew tersebut. Bagaimana hasil dari pengalaman mewing?

Silahkan baca artikel berjudul Foto Hasil Mewing ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Melakukan Mewing: Cara dan Teknik Dasarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel