Stop Ngomong 'Suka Bliat' ke Orang Rusia! Tidak Sopan dan Alay

Stop ngomong "suka bliat" ke orang Rusia! Bayangin kalau ada orang luar negeri ngomong b*jingan sama kamu. Nggak mau kan?


Image source: www.teepublic.com

Slavaboo Indonesia

Sekitar bulan Januari kemarin ketika mimin lagi suka buka youtube, mimin menemukan fenomena yang, hmm, bisa dibilang lumayan “unik”. Saat itu, mimin sedang menikmati vlogger dari orang Rusia yang jalan-jalan ke Indonesia. 

Ealah, di komen banyak amat yang nulis suka blt, slav squat, dan red army strong! Duh, cringe sekali.

Hahaha. Waktu pertama kali baca komentar begitu, mimin sih biasa aja. Mimin malah mikir, “Oh berarti orang Indonesia gak anti amat sama Rusia yang bekas USSR.” 

Dan ternyata banyak juga slavaboo Indonesia. Itu lho orang-orang yang menggemari budaya Slavic. Jadi kalau Koreaboo adalah pencinta Korea, Weaboo adalah pencinta budaya Jepang, maka Slavaboo adalah pecinta budaya Slavic.

Slavic sendiri adalah sub grup orang Eropa yang mendiami wilayah Eropa tengah dan timur. Mereka bicara dengan rumpun bahasa yang sama yakni bahasa Slavic.

Stop Ngomong Suka Bliat ke Orang Rusia

Balik ke laptop, intinya sih meski ada ajaran anti kiri via orde baru, ternyata orang Indonesia tidak anti Slavic dan Rusia.

Tapi dari beberapa sumber yang mimin baca dan tonton, mimin baru tau kalau orang Russia kurang suka diperlakukan begitu. 

Salah satu sumbernya adalah video Turah Pathrayana yang tinggal di negara beruang merah itu. Si bli yang berasal dari Bali ini bilang bahwa kata-kata seperti itu kedengaran kasar banget buat orang sana. So no!

Jangan ya! Jangan sembarang ngomong c*ka bly*t ke orang Rusia. Pun kata-kata sejenisnya seperti idin*hui dan lainnya. 

Buat kita sih emang lucu. Dan mimin sih khuznudzon serta yakin 100% yang ngomong nggak maksud jelek ke orang Russia. 

Malah mimin kira itu bentuk kecintaan dan ngefansnya orang kita ke budaya Slavic dan secara khusus Russia. 

Cuma caranya aja yang salah. Ibarat kayak yang mimin tulis di artikel lalu (Pengalaman Nikah Taaruf dengan Ending Membagongkan). Satu hal yang benar, kalau caranya salah ya salah.

Nah, awalnya mimin agak bebal dan tidak bisa menerima penjelasan ala Turah. Ya gimana ya, mimin kan tidak tinggal di sana dan interaksi langsung dengan orang Russia. 

Paparan mimin ke budaya Rusia ya cuma via nontonin vlog Life of Boris, hard bass, sampai vlogger orang Ruski yang suka ngomong kayak itu tadi.

Menyadarkan Diri

Mimin mulai sadar setelah memaksa diri saya untuk sadar. Mimin coba membayangkan kalau hal yang sama terjadi pada orang Indonesia. 

Misalnya, bagaimana kalau mimin bilang mimin orang Indonesia, terus tiba-tiba ada orang luar negeri yang ngomong, “Anjng bngs*t!” sambil terkekeh-kekeh.

Waduh. Ngerti sih maksudnya bercanda, tapi kan?!

Atau bagaimana kalau mimin bilang ke orang Jawa,“Asssu Jannccccok!”

Hahahaha. Ya, mimin jadi paham kenapa banyak orang Rusia yang risih ketika nemu komen random cyyyyxa ke mereka. Emang sih, kata makian seperti itu bisa jadi lucu. 

Di video gaming atau vlog yang isinya bercandaan seperti Life of Boris, kata makian itu mah emang buat lucu-lucuan dan tujuannya biar kita yang nonton ketawa. 

Tapi kalau kita ngomong begitu ke sembarang orang Rusia yang tidak sedang melucu ya berabe bos. Si orang Rusia bisa aja tersinggung karena konteksnya emang tidak tepat.

Apalagi yang dikatain cewek. Cowok Indo kan suka tuh sama cewek Ruski. Jangan sampai ya maksudnya ngebecandain cewek Ruski, tapi malah mengucapkan kata makian. Yang ada si cewek langsung ill feel lho.

Jadi, gitu ya gaes. Ngomonglah sesuai konteks. Jangan sembarang menebarkan kata-kata makian kecuali kalau kita sendiri ikhlas “dianjing-anjingi” orang random yang cuma ketemu di tengah jalan.

Belum ada Komentar untuk "Stop Ngomong 'Suka Bliat' ke Orang Rusia! Tidak Sopan dan Alay"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel