Memakai Retainer setelah Lepas Behel? Ini Pengalaman Ussui!

Memakai retainer ternyata diperlukan setelah lepas behel lho. Sebab tanpa alat bantu tersebut, gigi bisa kembali seperti sedia kala.

Memakai Retainer setelah Lepas Behel

Yang overbite bisa kembali overbite. Yang gigi kelinci pun bisa kembali ke settingan pabrik.

Duh nggak mau kan?

Ussui pun baru menyadari hal ini setelah dibilangin Bu Dokter. Bagi yang belum tahu, Ussui melakukan pemasangan kawat gigi beberapa tahun yang lalu di sebuah rumah sakit di Yogyakarta.

Saat itu, Ussui direkomendasikan oleh Bu Dokter untuk memasang braces. Penyebabnya adalah dua gigi kelinci yang terlalu besar. Apalagi karena kedua gigi itu, rasa percaya diri Ussui jadi terjun bebas.

Proses pemakaian kawat gigi berlangsung selama kurang lebih 1,5 tahun. Selama masa tersebut kontrol dilakukan tiap bulan.

Total harga pasang behelnya 7 hingga 9 jutaan. Namun tentu saja nominal tersebut sudah semakin tinggi saat ini.

Kenapa Harus Memakai Retainer Setelah Pasang Behel?

Back to laptop alias kembali ke laptop! Nah, pembaca mungkin ada yang penasaran. Kenapa sih kok harus menggunakan alat ini?

Alasannya sederhana banget. Fungsi retainer seperti pengertiannya adalah untuk mempertahankan posisi gigi. 

Ingat, gigi yang baru diposisikan dengan kawat cenderung kurang stabil. Gigi-gigi tersebut mudah goyah karena “penyangga” braces-nya baru saja dilepas.

Ditakutkan bila gigi dibiarkan begitu saja, ia akan kembali ke posisi awalnya. Karena itulah dibutuhkan retainer untuk memastikan posisi yang ideal tersebut tak berubah.

Pernah denger kan cerita bahwa ada orang yang memakai behel dan hasilnya bagus, tapi setelah beberapa lama, giginya kembali ke setelan semula.

Hal seperti ini biasanya terjadi karena yang bersangkutan tidak disiplin mengikuti anjuran dokter orthodonti untuk memakai retainer setelah lepas behel.

Berapa Harga Pembuatan Retainer?

Harga pembuatan retainer di RSUD milik pemerintah di DIY berkisar antara 1 sampai 1,5 jutaan. Ussui sendiri menghabiskan 1,3 jutaan untuk pembuatan dan pemasangannya.

Perlu diingat ya, retainer yang Ussui pakai tidak bisa dibeli dari sembarang toko. Ussui tidak bisa memesan dari Tokopedia, Shopee, dan lainnya. 

Retainer tersebut dibuat khusus dari cetakan gigi gypsum yang dibuat sebelumnya. Barulah setelah itu, alat ini bisa dicetak.

Seperti Apa Retainer itu?

Retainer yang Ussui gunakan terbuat dari bahan plastik yang keras. Warnanya transparan tapi tidak benar-benar bening.

Apakah mudah rusak? Sama sekali tidak. Jadi meski bahannya dari plastik, Ussui sama sekali tak khawatir membuatnya pecah atau lecet.

Bagaimana Cara Memakai Retainer yang Benar?

Cara menggunakan retainer mudah banget lho. Kamu tinggal memasangnya sesuai dengan struktur gigi sendiri.

Pemasangannya juga tidak boleh setengah-setengah. Alat tersebut harus sepenuhnya “full” terpasang.

Oh ya, saat awal menggunakannya, rasanya memang sakit dan ngilu. Tapi nanti lama-lama terbiasa kok.

Berapa Lama Memakai Retainer setelah Lepas Behel?

Alat ini cukup dipakai saat tidur saja ketika malam hari. Lama pemakaian tak terbatas, alias selamanya. Sebab, posisi gigi memang ditakutkan bisa berubah, sehingga lebih baik diantisipasi. Toh hanya dipakai saat tidur bukan?

Sedikit tips dari Ussui yah. Kalau mau memakai ini, wajib hukumnya menyikat gigi yang bersih sebelum tidur. Karena sudah pasti akan sangat bau keesokan harinya, kalau memakai alat ini tanpa sikat gigi terlebih dahulu.

Simpulan

Nah, kira-kira begitu ya sharing pengalaman Ussui memakai retainer setelah lepas behel. Intinya:

  1. Alat ini dipesan langsung dari dokter dan proses pembuatannya menggunakan cetakan gigi gypsum.
  2. Harga retainer dari dokter Orthodonti di Rumah Sakit pemerintah (RSUD di Yogyakarta) sekitar 1 hingga 1,5 juta rupiah beberapa tahun yang lalu. Ussui tidak tahu harga alat ini di kota lain seperti Jakarta, Bandung, atau Surabaya.
  3. Cara memakainya adalah digunakan secara rutin di malam hari saat tidur.
  4. Alasan memakai retainer setelah lepas behel adalah agar gigi tetap rapi meski braces sudah dilepas.

Oh ya, buat kamu yang penasaran dengan pengalaman Ussui saat memasang braces, yuk, tengok artikel Pengalaman Memasang Behel. Cek juga artikel sebelumnya tentang Biaya Lepas Behel yang ternyata murah!

Belum ada Komentar untuk "Memakai Retainer setelah Lepas Behel? Ini Pengalaman Ussui!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel