Pasang Retainer untuk Gigi Tonggos? Awas Jangan Gampang Percaya

Akhir-akhir ini Ussui melihat trend yang agak aneh. Beberapa kali Ussui melihat ada yang mencoba menjual clear aligner atau invisalign atau (malah) retainer untuk gigi tonggos. 

Hah? Memangnya bisa? Berapa harganya?

Pasang Retainer untuk Gigi Tonggos

Duh, sebenarnya Ussui jadi gemes sekaligus geli melihatnya.

Ussui tahu rasanya punya gigi yang tidak rapi. Tau banget karena gigi Ussui pun dulunya tidak rapi, bahkan bergigi kelinci yang cukup besar.

Ussui merasa begitu minder dan kurang suka foto ramai-ramai. Karena pasti, hasil jepretannya menunjukkan gigi yang paling jelek di antara kawan yang lain. 

Karena itulah, setelah  bekerja Ussui mengumpulkan uang untuk kemudian memasang behel. Kamu bisa baca pengalaman Ussui memasang behel mulai dari biaya sampai foto sebelum sesudah memakai behel di blog ini. 


I know that feeling sista and brotha! Tapi jangan sampai perasaan minder kita itu membuat kita menjadi mangsa mudah bagi orang-orang licik. 

Itu lho, yang suka menjual mimpi indah punya gigi rapi dan tidak tongos dengan harga murah dan alat sekadarnya.

Retainer untuk Gigi Tonggos

Biasanya, mereka-mereka itu menjual dengan label seperti ini:
  1. Jual alat perapi gigi tanpa behel (kawat)
  2. Jual retainer untuk gigi tonggos
  3. Jual invisalig atau clear aligner untuk gigi maju biaya murah
Gini lho guys, Ussui bisa menjamin kalau kebanyakan alat-alat seperti itu zonk. Alat perapi gigi dan retainer sih memang ada dan dikenal di dunia medis. Tapi tidak bisa digunakan sembarangan.

Yuk, kita mulai dari penyebab gigi maju. Ada banyak sebenarnya penyebab gigi maju alias tongos alias overbite. 

Salah satunya adalah rahang yang sempit dan gigi yang kebanyakan. Akibatnya, gigi bagian depan pun menjadi maju karena kekurangan ruang untuk tumbuh. 

Kalau kamu pergi ke dokter spesialis orthodonti, penyebab gigi yang maju akan diteliti. 

Misalnya, gigi kamu ternyata maju karena rahangnya terlalu sempit sementara giginya kebesaran (kelihatan lewat ronsen), maka biasanya dokter akan mencabut gigi kita dulu. 

Ya! harus dicabut dulu supaya ada ruang untuk gigi lainnya ketika dimundurkan. Kalau tidak ada ruang buat gigi depan mundur, lha terus mau dimundurkan gimana caranya kakaks? Yah, sudah pasti nggak bisa.

Clear Aligner dan Retainer untuk Gigi Tonggos? No!

Clear aligner pun pemasangannya harus dengan prinsip ini, alias harus dengan analisis yang dilakukan oleh dokter ahli. 

Kalau memang tak perlu ada gigi yang dicabut, ya mungkin tinggal dipasang dengan beberapa hal yang harus dilakukan si dokter. Intinya, tak bisa dilakukan sak enake dhewe alias sembarangan. 

Bagaimana dengan retainer? Ini yang paling membuat Ussui ngelus dada. Banyak tuh Ussui lihat orang yang posting di facebook dengan judul "Jual Retainer untuk Gigi Tonggos." 

Aduhduh aduh. Padahal, retainer itu bukan alat untuk memundurkan gigi. Retainer aja kalau diartikan ke bahasa Indonesia artinya penahan atau penstabil (retain). 

Retainer ini dipakai setelah orang selesai menggunakan behel. Supaya giginya stabil mundur dan tidak maju-maju lagi, maka dokter akan menyarankan pemakaian retainer tiap malam hari. 

Solusi Retainer untuk Gigi Maju?

Terus solusinya apa? Hmm, solusinya ya abaikan iklan-iklan jual clear aligner, perapi gigi, ataupun retainer untuk gigi tonggos. 

Nanti malah kamu sakit sendiri lho dengan hasil yang tak jelas. Saran Ussui, mendingan kamu nabung dulu. 

Kalau masih sekolah, silahkan nunggu sampai kerja. Abis itu, kumpulkan uang setidaknya 6-15 juta rupiah. Segitu cukup kok untuk biaya utuh pasang behel selama 2 tahun (udah termasuk biaya kontrol per bulan).

Sembari menunggu punya uang, kamu bisa mencoba cara yang lebih murah dan dari saran dokter yang ahli. Tau tidak dengan metode mewing? 

Ussui sudah tulis metode mewing di artikel Pengalaman Mewing. Mewing adalah suatu cara memosisikan lidah ke bagian atas mulut untuk memperbaiki rahang kita. 

Dengan mewing, rahang akan lebih kuat dan lebar, jadi gigi yang tonggos bisa dimundurkan. Mewing juga bisa membuat dagu lebih lancip dan maju.

Ongkos mewing? Gratis! Kamu hanya harus tertib dan tepat menerapkan metodenya. Ya mendingan ini sih kata Ussui dibanding alat-alat kayak retainer untuk gigi tonggos yang zonk itu. 

Belum ada Komentar untuk "Pasang Retainer untuk Gigi Tonggos? Awas Jangan Gampang Percaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel